Pages

Yang Dimaksud Sistem Operasi atau OS

Apakah yang dimaksud dengan Sistem Operasi

Sistem operasi adalah komponen perangkat lunak inti dari komputer Anda. Ia melakukan banyak fungsi dan, dalam istilah yang sangat dasar, sebuah antarmuka antara komputer Anda dan dunia luar. Pada bagian tentang hardware, komputer digambarkan sebagai terdiri dari beberapa komponen, termasuk monitor, keyboard, mouse, dan bagian lainnya. Sistem operasi menyediakan antarmuka ke bagian ini menggunakan apa yang disebut sebagai "driver". Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang ketika Anda menginstal printer baru atau bagian lain dari perangkat keras, sistem akan meminta Anda untuk menginstal software lain yang disebut DRIVER.


Yang di maksud Driver pada komputer

Driver adalah program yang ditulis khusus memahami pengoperasian perangkat antarmuka, seperti printer, kartu video, kartu suara atau CD ROM drive. Menerjemahkan perintah dari sistem operasi atau pengguna ke perintah dipahami oleh bagian komputer komponen antarmuka. Ini juga menerjemahkan tanggapan dari bagian komponen komputer kembali tanggapan yang dapat dimengerti oleh sistem operasi, program aplikasi, atau pengguna. Gambar Diagram di bawah ini memberikan gambaran grafis dari antarmuka antara sistem operasi dan komponen komputer.


Yang Dimaksud Sistem Operasi atau OS



Fungsi Sistem Operasi Lainnya

Sistem operasi menyediakan beberapa fungsi lainnya termasuk:
 


Aplikasi sistem (program) yang digunakan untuk memantau kinerja komputer, masalah debug, atau mempertahankan bagian dari sistem. 

Satu set perpustakaan atau fungsi yang dapat menggunakan program untuk melakukan tugas tertentu terutama yang berkaitan dengan berinteraksi dengan komponen sistem komputer.

Sistem operasi membuat fungsi-fungsi antarmuka bersama dengan fungsi-fungsi lainnya beroperasi dengan lancar dan fungsi-fungsi yang sebagian besar transparan kepada pengguna.
 



Kekhawatiran Pada Sistem Operasi

Seperti disebutkan sebelumnya, sistem operasi adalah program komputer. Sistem operasi ditulis oleh programmer manusia yang melakukan kesalahan. Oleh karena itu bisa ada kesalahan dalam kode meskipun mungkin ada beberapa pengujian sebelum produk tersebut dirilis. Beberapa perusahaan memiliki kontrol kualitas perangkat lunak yang lebih baik dan pengujian daripada yang lain sehingga Anda mungkin melihat berbagai tingkat kualitas dari sistem operasi ke sistem operasi. Kesalahan dalam sistem operasi menyebabkan tiga jenis utama masalah:


Sistem crash dan ketidakstabilan - ini bisa terjadi karena bug software biasanya dalam sistem operasi, meskipun program komputer yang dijalankan pada sistem operasi dapat membuat sistem lebih stabil atau bahkan mungkin sistem crash sendiri. Ini bervariasi tergantung pada jenis sistem operasi. Sebuah sistem crash adalah tindakan dari sistem pembekuan dan menjadi tidak responsif yang akan menyebabkan pengguna untuk perlu reboot. 

Kelemahan keamanan - Beberapa kesalahan perangkat lunak meninggalkan pintu terbuka untuk sistem yang akan dipecah menjadi penyusup yang tidak sah. Sebagai kekurangan ini ditemukan, penyusup yang tidak sah dapat mencoba menggunakan ini untuk mendapatkan akses ilegal ke sistem anda. Patching kekurangan ini sering akan membantu menjaga sistem komputer Anda aman. Cara ini dilakukan akan dijelaskan nanti. 

Kadang-kadang kesalahan dalam sistem operasi akan menyebabkan komputer tidak bekerja dengan benar dengan beberapa perangkat periferal seperti printer. 

Jenis-jenis Sistem Operasi

Ada banyak jenis sistem operasi. Yang paling umum adalah Microsoft suite of operating systems. Mereka termasuk dari terbaru dan tertua:

Windows 8 - Dirilis secara resmi pada 26 Oktober 2012, versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Windows 7 -  rilis Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Windows Vista - sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).


Windows XP Professional Edition - Sebuah versi yang digunakan oleh banyak perusahaan pada workstation. Ia memiliki kemampuan untuk menjadi anggota sebuah domain perusahaan. 

Windows XP Home Edition - Sebuah versi biaya yang lebih rendah dari Windows XP yang untuk digunakan di rumah saja dan tidak boleh digunakan pada bisnis.

Windows 2000 - Sebuah versi yang lebih baik dari sistem operasi Windows NT yang bekerja dengan baik baik di rumah maupun sebagai workstation pada bisnis. Ini termasuk teknologi yang memungkinkan perangkat keras untuk secara otomatis terdeteksi dan perangkat tambahan lain dari Windows NT.

Windows ME - Sebuah versi upgrade dari windows 98 tetapi telah terganggu dengan kesalahan pemrograman yang mungkin frustasi untuk pengguna rumahan.
 

Windows 98 - ini diproduksi dalam dua versi utama. Pertama Windows 98 versi terganggu dengan kesalahan pemrograman tetapi Windows 98 Second Edition yang keluar kemudian adalah jauh lebih baik dengan banyak kesalahan diselesaikan.
 

Windows NT - Sebuah versi Windows yang dibuat khusus untuk usaha yang menawarkan kontrol yang lebih baik atas kemampuan workstation untuk membantu administrator jaringan.
 

Windows 95 - Versi pertama Windows setelah Windows yang lebih tua versi 3.x menawarkan antarmuka yang lebih baik dan fungsi perpustakaan yang lebih baik untuk program. 

Ada jenis berharga lain dari sistem operasi tidak dibuat oleh Microsoft. Masalah terbesar dengan sistem operasi ini terletak pada kenyataan bahwa tidak banyak program aplikasi yang ditulis untuk mereka. Namun, jika Anda bisa mendapatkan jenis program aplikasi yang Anda cari, salah satu sistem yang tercantum di bawah ini mungkin menjadi pilihan yang baik.


Unix - Sebuah sistem yang telah ada selama bertahun-tahun dan sangat stabil. Ini adalah yang utama digunakan untuk menjadi server daripada workstation dan tidak boleh digunakan oleh siapa saja yang tidak mengerti sistem. Ini bisa sulit untuk belajar. Unix biasanya harus menjalankan sebuah komputer yang dibuat oleh perusahaan yang sama yang memproduksi perangkat lunak. 


Linux - Linux mirip dengan Unix dalam operasi tetapi gratis. Hal ini juga tidak boleh digunakan oleh siapa saja yang tidak memahami sistem dan bisa sulit untuk belajar. 


Apple MacIntosh - Kebanyakan versi terbaru didasarkan pada Unix tetapi memiliki antarmuka grafis yang baik sehingga keduanya stabil (tidak sering crash atau memiliki banyak masalah perangkat lunak sebagai sistem lain) dan mudah untuk belajar. Salah satu kelemahan sistem ini adalah bahwa ia hanya dapat berjalan di hardware Apple saja.  

No comments:

Post a Comment