Pages

Inilah aplikasi-aplikasi Penyedot Daya Baterai Terbesar di Smartphone

Inilah aplikasi-aplikasi Penyedot Daya Baterai Terbesar di Smartphone
Anda mungkin sudah sering mendengar berbagai tips untuk menghemat baterai ponsel cerdas dan juga tablet agar bisa bertahan lama saat digunakan. Kalian juga pasti telah bosan mencoba berbagai aplikasi penghemat baterai yang nyatanya tetap tidak terlalu membantu.

Bila anda sudah bosan untuk melakukan metode-metode di atas, maka sudah saatnya kalian melacak aplikasi-aplikasi apa saja yang menyedot energi baterai dari smartphone kalian. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang berpotensi menghabiskan daya baterai ponsel kalian.

Carat
Aplikasi Carat sejatinya dibangun sebagai program untuk menghemat baterai ponsel. Tetapi pada kenyataannya, ada beberapa fitur yang justru membuat smartphone anda mati di saat yang paling dibutuhkan, salah satunya adalah fitur location service tracker.

Tak hanya Carat, ada beberapa aplikasi yang secara default mengaktifkan fitur location service tracker. Jangan pernah malas untuk memeriksa di menu settings di setiap aplikasi dan segera matikan fungsi tersebut, bila ingin baterai ponsel kalian menjadi lebih awet.

Facebook
Situs media sosial Facebook tak hanya bisa membuat anda terhubung dengan kawan dan kerabat, tetapi juga berpotensi membuat kalian menjadi 'banci steker'. Pasalnya, aplikasi Facebook selalu melakukan automatic refresh per 15 menit, meski tidak diaktifkan. Periode waktu barusan akan selalu melibatkan peralihan data minimal 5MB.

Peralihan data akibat fungsi otomatis tersebut, sayangnya berhubungan dengan tingkat penggunaan energi baterai. Artinya, Facebook boleh masuk ke dalam daftar 'Aplikasi Wajib Buang Demi Hemat Baterai'.

Maps
Aplikasi Google Maps adalah salah satu aplikasi yang akan memakan habis energi dari baterai anda, terlebih bila kalian mengaktifkan fitur GPS location service. 10 menit kalian menggunakan Google Maps, terjadi peralihan data minimal sebesar 6MB. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, peralihan data akan mengurangi kapasitas baterai secara cepat.

Kamera
Apalah artinya sebuah ponsel tanpa kamera yang berkualitas tinggi? Lalu, apalah artinya sebuah kamera bila tidak digunakan untuk memotret atau mengambil gambar video? Sejatinya, memang itulah fungsi kamera. Tetapi bila kalian menggunakannya secara terus-menerus tanpa henti, jangan kaget bila indikator baterai ponsel tiba-tiba berubah menjadi warna merah. Daya baterai juga akan cepat habis, bila kalian turut mengaktifkan layanan geolocation.

Skype
Skype dikenal sebagai aplikasi IM ternama yang menyediakan berbagai fasilitas untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, mulai dari chatting tradisional, hingga video call. Tetapi nyatanya aplikasi yang kini dimiliki oleh Microsoft tersebut, akan membuat ponsel kalian cepat mati di tengah jalan, terlebih saat anda melakukan video call.

Twitter
Hampir sama dengan Facebook, aplikasi Twitter akan selalu aktif meski tidak diaktifkan (berada di background). Fungsi default ini tidak akan membantu anda dalam aksi 'Penghematan Baterai Smartphone'. Artinya, sudah saatnya menyingkirkan aplikasi Twitter dan memilih apps pengganti yang lebih ramah baterai.

Angry Birds

Tidak ada yang bisa menyangkal popularitas para burung yang penuh amarah ini. Tetapi lagi-lagi, tidak ada video game yang tidak membuat baterai anda habis di saat-saat genting. Grafik 3D dan iklan pop-up yang sering muncul di versi gratis, akan terus menghisap daya baterai hingga hampir kering. Bila tidak terlalu dibutuhkan, mungkin meng-uninstall video game adalah salah satu langkah yang tepat.

No comments:

Post a Comment