Pages

inilah sejarah asal-usul burger

inilah sejarah asal-usul burger
Sekarang siapa orang yang tidak mengetahui burger? tentu semua orang mengetahui dan menyukai makanan yang di inggris lebih dikenal dengan sebutan sandwich ini. McD, A&W , Burger King merupakan restoran burger yang sangat terkenal di dunia, termasuk di indonesia. tapi jika ada yang bertanya, darimana asal burger? ada beberapa penjelasan untuk pertanyaan ini.

Panganan ini awalnya adalah makanan khas bangsa Tartar, yaitu berupa daging cincang yang disantap mentah-mentah dengan perasan jeruk. Bangsa Tartar merupakan bangsa nomaden yang sering melakukan perjalanan jauh menunggang kuda, sehingga daging yang mereka bawa sering menjadi keras dan tak layak konsumsi, maka merekapun mengakalinya dengan meletakkan daging di bawah sadel kuda mereka. setelah melakukan perjalanan jauh ternyata daging tersebut masih hangat dan tidak menjadi dingin, maka daging tersebut langsung disantap dengan tanpa dimasak dan hanya diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Hidangan yang terkenal lezat dari Asia Tengah ini kemudian dibawa oleh para pelaut Eropa ke negaranya, tepatnya ke kota Hamburg karena masyarakat di sana pada umumnya mengganggap bahwa mereka adalah bangsa yang beradab, mereka menolak memakan daging yang tak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mereka masak terlebih dahulu sebelum disantap dengan cara dibakar atau digoreng, ternyata masakan ini sangat disukai berbagai orang. Sampai saat ini sebagian orang tetap lebih menyenangi menyantapnya mentah-mentah. Inilah asal mula daging burger.

menurut versi lain, bentuk burger yang kita kenal saat ini berasal dari kawasan hamburg di kota new york. dua bersaudara Frank dan Charles Menches, yang tinggal di kawasan ini mengikuti sebuah bazaar pada 1885. Tapi mereka datang terlambat, dan terburu-buru membuat menu baru sehingga mereka asal saja menumpuk bahan-bahan yang ada sehingga menjadi Semacam sandwich tapi dikombinasikan dengan bahan-bahan lain sehingga bentuknya menjadi burger yang kita kenal saat ini.

No comments:

Post a Comment